Rabu, 11 April 2012

Daftar Riwayat Hidup Calrl Menger Pencetus Mazhab Austria

CARL MENGER

Ekonomi Mazhab Austria
Adalah cabang ekonomi neo klasikal yang dibentuk di Wina (ibu kota Austria) pada akhir abad ke 19 dan paruh pertama abad ke 20.  Mazhab ini secara keras menentang Marxisme - dan secara umum mengkritik penggunaan teori ekonomi untuk membenarkan intervensi pemerintah di bidang ekonomi.  Tokoh-tokoh paling terkenal dari mazhab ini adalah Friederich Hayek, Joseph Schumpeter, dan Ludwig Von Mises.Mazhab Austria menekankan definisi ekonomi sebagai sebuah ilmu yang bertumpu pada tingkah laku manusia dalam berbagai hubungan antara mencukupi kebutuhan, realita kelangkaan, dan alternatif yang tersedia.  Alur pikiran mazhab ekonomi Austria diwarnai dengan pandangan bahwa semua aktivitas ekonomi, termasuk tingkah laku dari institusi - sebenarnya adalah sebuah selubung atas tingkah laku dan keinginan individu.  Hal ini dilakukan dengan cara menelaah pilihan-pilihan terkait dengan Opportunity Cost (yaitu pilihan yang tersedia dalam memanfaatkan sumber daya yang ada) serta dengan analisa pemilihan waktu dalam pengambilan keputusan.

Hayek dengan tepat meramalkan kegagalan dan keruntuhan sistem perencanaan sentralistik Uni Soviet.  Disebut pula, idenya telah menginspirasikan berbagai bentuk reformasi pasar bebas yang dijalankan pada era 1980-an di Amerika Serikat di bawah pemerintahan Ronald Reagan dan di Inggris Raya di bawah MargarethThatcher.  Friederich Hayek adalah pemenang Penghargaan Nobel Ekonomi tahun 1974.Sekalipun masih sering diperdebatkan soal keterlibatannya dalam mazhab Austria, Schumpeter menunjukkan pengaruh mazhab Austria yang cukup kuat.  Jasa Schumpeter dalam studi ekonomi dikenal lewat pengembangan konsep Inovasi (dan entrepreneurship / kewiraswastaan) serta perubahan ekonomi yang diwarnai oleh mekanisme "creative destruction" (peruntuhan konstruktif).

1.  TOKOH MAZHAB AUSTRIA
Nama : Carl Menger
Tempat tanggal lahir : Neu-Sandez, 1840
Wafat : 1921
Jenis kelamin : laki-laki
Asal Negara : Austria
Pekerjaan orang tua
Ayah : pengacara
Ibu : putri dari pedagang Bohemian yang kaya

Mazhab : Austria.
Riwayat keluarga : Menger adalah salah satu dari tiga bersaudara.
Murid :
    * Eugen Bohm-Bawerk
    * Friedrich Wieser

Riwayat pendidikan :
    * 1859-1860, mempelajari hukum dan ilmu politik di universitas Vienna.
    * 1867, memperolrh gelar Doktor dari Universitas Krakow.

Riwayat pekerjaan :
    * mejadi penulis sejumlah novel pendek dan komedi di Koran-koran local.
    * menjadi reporter di kantor perdana menteri di Vienna. Dan sering menulis untuk Koran resmi wiener zeitung.

    * 1871, Menger mendapat pekerjaan di Austrian civil service.
    * menjadi seorang privatdozent, pengajar yang tak dibayar.
    * 1873, Menger diangkat menjadi seorang professor “extraordinary” di bidang hukum dan ilmu politik.
    * 1876, Menger mengajar pangeran pewaris tahta Austria.
    * 1879, Menger diangkat sebagai ketua jurusan hukum dan ekonomi politik di Universitas Vienna.
    * 1903, Menger mengundurkan diri dari universitas Vienna.

2. PRIBADI TOKOH
Pada 1903, di usia 63 tahun, Menger mengundurkan diri dari jabatan prestisiusnya sebagai ketua jurusan di universitas. Biasanya professor universitas pensiun pada umur 70 tahun. Mengapa dia pension lebih awal? Penyebab resminya adalah karena “sakit”. Tetapi sakitnya tak pernah diketahui. Baru-baru ini muncul bukti bahwa Carl Menger telah lama menjalin hubungan tanpa nikah dengan seorang perempuan bernama Hermine Andermann. Wanita ini mungkin pelayannya. Menger berhenti mengajar di Vienna sejak putranya, Karl lahir dan satu setengah tahun kemudian dia mengajukan pensiun. Carl Menger meninggal dalam keadaan belum menikah tetapi dia berusaha dan akhirnya mendapat pengakuan sah dari kaisar Joseph untuk putranya, yang kelak menjadi ahli matematika terkenal

Menurut Erich Streissler, seorang professor ekonomi di Universitas Vienna dan sosok yang dihormati karena pengetahuan sejarahnya yang mendalam, Menger mungkin tidak bisa menikahi Hermaine sebab dia Katolik, dan seorang katolik tidak boleh menikahi orang Yahudi sebab semua pernikahan adalah upacara keagamaan. Tampaknya, kelahiran putranya bukan karena hubungan mereka semestinya dilihat sebagai pernikahan “common-law” mengingat situasi saat itu. Hermaine Andermann mewarisi perpustakaan Menger yang berharga. Seorang Profesor Jepang yang membeli perpustakaan Menger untuk dibawa ke Tokyo dalam negosiasinya menyebutnya sebagai “Nyonya Menger”. Pada 1987, cucu Menger,Eve,menyumbangkan paper-paper Carl Menger untuk Duke University. Untungnya, karya utama dari pengikut-pengikutnya, Natural Value oleh Wiesel dan Positive Theory of Capital oleh Bohm-bawerk, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada akhir abad 19 dan karena itu menyebarkan teori Menger. Menger itu seperti Marx, yakni jika bukan karena semangat pengikutnya yang cerdas, namanya mungkin tidak terkenal sampai sekarang.

3. KARYA ILMIAH

Carl Menger dianggap sebagai bapak endiri mazhab ekonomi Austrian. Hal ini disebabkan ia bertanggungjawab atas pengembangan dua pilar ekonomi Austrian. Pertama, Menger membantu membentuk teori nilai subjektif. Kedua, ia berpendapat bahwa pengetahuan ekonomi hanya dapat diperoleh dengan menarik kesimpulan dari asumsi-asumsi yang sudah dianggap benar. Adapun karya Menger yaitu:
1. Principel if economics (Menger,1871).
Menger adalah salah seorang dari ahli ekonomi pertama yang menemukan teori kepuasan marjinal dari nilai dan prinsip kepuasan marjinal yang semakin berkurang, dan ia adalah salah seorang pendukung paling awal terhadap teori nilai subjektif. Menger berusah mengembalikan ilmu ekonomi ke dunia nyata. Titik tolak dalam ikhtiar ini adlah pengakuan bahwa barang-barang mempunyai nilai karena barng-barng tersebut memenuhi kebutuhan kita.
Bertentangan dengan ahli ekonomi klasik Inggris, Menger berpendapat bahw anilai lebih ditentukan oleh faktor subyektif (kepuasan atau permintaan)ketimbang faktor obyektif (diaya produksi atau persediaan). Nilai menurut Menger, nerasal dari kepuasan kebutuhan manusia. Menger juga mengakui bahwa ketika semakin banyak jumlah barang yang dibeli seseorang, setiap urutan kuantitas yang dibeli akan mengurangi keouasan konsumen. Yaitu, orang akan kepuasan marjinal yang menurun ketika mereka semakin banyak mengkonsumsi barang. Salah satu konsekuensi penting dari teori nilai ini adalah semua aktivitas yang menghasilkan kepuasan subyektif adalah aktivitas yang produkrif. Bertentangan dengan ekonom klasik Inggris, menurut Menger perdagangan adalah produktif karena orang-orang tidak akan berdagang kecuali mereka merasa bahwa barang yang mereka terima akan memberikan lebih banyak kepuasan ketimbang barang yang mereka serahkan. “Faktor yang menentukan dalam nilai barang, karena itu, bukan jumlah tenaga kerja atau barang yang diperlukan untuk pembuatannya dan juga bukan jumlah yang diperlukan untuk reproduksinya, tetapi lebih ditentukan oleh besarnya kepentingan dari kepuasan berkenaan dengan yang kita sadari”
Menurut Menger, karena nilai-nilai berasal dari Individu, analisa ekonomi harus dimulai dengan mempelajari individu. Posisi ini kemudian dikenal sebagai Individualisme netodologis.
Menger juga mengakui bahwa faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal) mempunyai nilai karena mereka memuaskan keinginan secara tidak langsung; faktor-faktor ini dibutuhkan untuk memproduksi barang-barang yang diinginkan oleh orang-orang.

 2. Untersuchungen (1883)
Karya Menger yang kedua adalah Untersuchungen (1883) berusaha menempatkan ekonomi di atas landasan teori dan metodologi yang kuat. Menger dengan tegas menekankan pada metode analisis individualistik dan fakta bahwa pengetahuan ekonomi diperoleh secara a priori atau sebelum pengalaman ekonomi di dunia nyata. Carl Menger merupakan ekonom bermazhab Austria, ia merupakan ekonom yang memperkuat teori dari Adam Smith dan system kapitalis. Membuat teori ekonominya didalam sebuah buku bernama Grundatze, namun buku itu dianggap belum selesai. Minat utama Menger adalah dibidang pertumbuhan ekonomi, dalam bukunya dinyatakan bahwa tujuan Menger adalah ingin menggantikan model klasik dengan pendekatan teoritis yang baru.

Untersuchungen memicu serangan permusuhan dari anggota mazhab sejarah, termasuk Schmoller. Serangan ini ditanggapi sama oleh murid dan pengikut Menger. Schmoller menolak setiap artikel tinjauan buku yang ditulis oleh Menger yang dimasukkan dalam jurnalnya dan ia mengumumkan secara terbuka bahwa pengikit Menger tidak layak mengisi semua jabatan pengajar (Hayek, 1934, hlm. 407).

Akhirnya perdebatan itu berakhir, tetapi ini lebih dikarenakan akibat dari kebosanan ketimbang melalui penyelesaian akhir dari masalah tersebut. Metode Menger kemudian diterima sebagai metode untuk memahami meskipun ada banyak kritik yang menonjol terhadap metodologi ekoonomi (lihat juga LEONTIEF). Efek utama dari perdebatan itu mungkin membuat metodologi ekonomi, yaitu studi tentang metode yang digunakan untuk mendapatkan pengetahuan ekonomi, memiliki reputasi yang buruk. Penekanannya pada individu, dan argument bahwa kita harus menjelaskan dunia ekonomi sebagai respon penilaian subyektif individu, membuant Menger menjadi pendiri mazhab ekonomi Austria (Alter, 1990:Vaughn, 1994). Tetapi Menger juga layak masuk dalam kategori tersebut karena penemuannya tentang prinsip kepuasan sebagai sumber nilai dan penemuannya tentang prinsip kepuasan marjinal yang menurun.

Berikut Adalah Karya-Karya Yang Dihasilkan Oleh Carl Menger

• The Collected work of Carl Menger,ed. F>A> Hayek, 4vol., London School of Economics and political Science, 1934-6

• Principles of Economics, terjemahan J. Dingwall dan B.F. Hoselitze (1871), New York and London, New York Univercity Press, 1985

• Problem of Economics and Sociology, terjemahan F.J. Nock (1883), Urbana, Illinois, Univercity of Illinois Press,1963.

 Karya-Karya yang berisi tentang Menger adalah:

• Alter, Max, Carl Menger and the Origins of Ustrian Economics, Boulders, Colorado, Westview Press, 1990

• Bloch Henry Simon. “ Carl Menger. The Founders of Political Economics, 48,3 (1940), hlm 428-33.

• Caldwel,Bruce, J., (ed) Carl Menger and his legacy in Economics, Durham & London, Duke Univercity Press 1990.

• Hayek, F., “ Carl Menger “, Economica, (1 November1934) hlm.394-420

• Hutchison, T,W., “some themesFrom investigations into methods.” Dalam Hick dan Webber (eds) Carl Menger and the Austrian School of economics, Okford, Clarendon Press, 1973, hlm 15-37

• Schumpeter, Joseph “ Carl Menger, (1840-1921).” Dalam Joseph Schumpeter, ten Great Economics from Max to Keynes, New York, Oxford Univercity Press, 1951, hlm 80-90

• Stigler, George. “ the Economics of Carl Menger,” Journal of political Economics, 45 (April 1973), halm. 229-50.

• Vaughn. Karen I., Austrian Economics in America, New York, Cambridge Univercity Press, 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar